Seberapa Pentingkah Komunikasi Interpersonal dalam Berkarir? – Yuk Simak Cara Jitu Meningkatkan Komunikasi Interpersonalmu!

komunikasi

Oleh: Aulia Nur’aini

Kamu kaum millennial yang suka banget berselancar di dunia maya seperti Instagram, tiktok, twitter dan sebagainya? Coba perhatikan cara berkomunikasi dengan lingkungan sekitarmu, apakah sudah baik? Hati-hati, bisa jadi kamu memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah! Kenapa? Karena ketika terlalu asyik dengan dunia maya, sering kali kita melupakan dunia nyata. Handphone di tangan kita seolah lebih seru daripada berbicara dengan orang-orang di sekitar kita.

Oleh karena itu, kamu harus tau tentang pentingnya komunikasi interpersonal. Apa sih komunikasi interpersonal itu?

Jadi komunikasi interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain dalam membangun hubungan di berbagai situasi. Gesture seperti kontak mata, gerakan tubuh dan gerakan tangan juga merupakan bagian dari komunikasi interpersonal.

Pada kenyataannya banyak permasalahan yang muncul terkait keterampilan komunikasi interpersonal yang buruk, baik masalah secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, komunikasi interpersonal sangat penting bagi kamu di berbagai situasi yang kamu hadapi,  komunikasi yang baik tentunya akan menghasilkan hubungan yang baik, dan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan pasanganmu, sahabat, teman, dosen, rekan kerja, atasan atau bawahanmu di kantor. Nah sekarang kamu sudah tau kan, komunikasi interpersonal itu apa? Gimana sih cara meningkatkan komunikasi interpersonal? Yuk simak beberapa hal dibawah ini!

 

1. Pahamilah Lawan Bicaramu!

komunikasi
Sumber gambar: womantalk.com

Jika kamu sedang berbicara dengan orang lain, usahakan pahamilah lawan bicaramu! Kamu harus dapat menangkap pesan yang disampaikan lawan bicara mu. Begitu pula sebaliknya, lawan bicaramu juga harus dapat menangkap pesan yang kamu sampaikan. Oleh karena itu berusahalah untuk fokus pada saat berbicara dengan orang lain, dan gunakanlah tata bahasa yang mudah dipahami oleh orang lain.

2.  Cobalah untuk bergaul dan memperluas pertemananmu

komunikasi
Sumber gambar: womantalk.com

Jika kamu memiliki teman dekat yang sedikit dan hanya sering berkomunikasi dengan orang yang itu-itu saja, cobalah untuk memperluas pertemananmu. Kamu bisa mengikuti suatu komunitas, berkenalan dengan orang baru, atau menjalin hubungan yang lebih dekat dengan teman-teman yang belum terlalu dekat denganmu. Berkenalan dengan orang baru, mengajaknya berbicara, dan mencoba memahaminya akan meningkatkan komunikasi interpersonal mu.

3. Cobalah untuk tidak terlalu bergantung pada sosial media

komunikasi
Sumber Gambar: https://tuturma.ma/

Jika kamu anak sosmed banget cobalah untuk mengurangi itu, tidak ada salahnya untuk bermain sosial media. Namun, jika kamu sampai terlalu asyik berteman dan menjalin hubungan dengan orang-orang di sosial media, kamu perlu berhati-hati dan menghentikannya. Cobalah untuk melihat orang di sekitarmu, apakah kamu sudah mengajaknya bicara hari ini? Berusahalah untuk mengutamakan berkomunikasi dan menjalin hubungan yang lebih dengan orang-orang di lingkungan sekitarmu, daripada di sosial media. 

4. Berusahalah untuk meningkatkan sikap simpati dan empati

komunikasi
Sumber gambar https://www.studilmu.com/

Sikap ini harus kamu latih terus menerus, kamu harus dapat menempatkan diri pada posisi orang lain. Dengan begitu, kamu akan lebih dapat memahami apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh orang lain, sehingga kamu akan lebih berhati-hati dalam berkomunikasi. Adanya sikap tersebut dapat menciptakan hubungan yang baik, karena apa pun yang kamu bicarakan tidak menyinggung perasaan orang lain.

5. Tingkatkanlah kemampuan komunikasi non verbal kamu

komunikasi
Sumber Gambar : https://ichi.pro/id/

Kemampuan non verbal adalah gesture seperti kontak mata dan gerakan tubuh. Cobalah untuk menatap mata lawan bicara mu ketika sedang berbicara, selain itu posisi tubuh mu juga harus menghadap ke arah lawan bicara, jangan duduk terlalu santai atau seolah-olah menunjukkan rasa malas ketika berbicara. Dengan komunikasi non verbal yang baik, lawan bicaramu akan merasa lebih nyaman dan didengarkan, hal tersebut akan membangun komunikasi yang baik, tentunya juga akan menciptakan hubungan yang baik.

Nah sekarang kamu sudah tau kan bagaimana cara meningkatkan komunikasi interpersonal? Cara ini harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena sangat bermanfaat dan berguna.  Kamu juga dapat mengikuti mentoring dari Upskilling.id jika ingin lebih meningkatkan komunikasi interpersonalmu, disana kamu akan belajar banyak mengenai hal ini. Ingatlah, dengan komunikasi interpersonal yang baik, akan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan sesama, dan tentunya mempengaruhi kesuksesanmu di masa mendatang

 

Sumber

Suhanti, I. Y., Puspitasari, D. H., & Noorrizki, R. D. (2018). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. 32.